Minggu, 09 Oktober 2011

PEMBERIAN REWARD KOPERASI BERPRESTASI 2011


pemberian reward koperasi berprestasi tahun ini diberikan pada salah satu koperasi yang ada di kota Surabaya Penghargaan koperasi berprestasi lain adalah koperasi kekar PT Pakuwonjati meraih Juara I dan koperasi mandiri Perum Damri Surabaya terpilih juara III. Kriteria penilaian koperasi berprestasi tersebut meliputi : Laporan Rapat Anggota Tahunan Tahun buku 2009 dan 2010, RK/RAPB tahun buku 2010 dan 2011, Administrasi Organisasi dabn data penunjang lainnya.
Tema dalam peringatan hari koperasi ke-64 tahun 2011 adalah “Koperasi Kuat Rakyat Sejahtera”, dengan diisi kegiatan seminar “Penguatan Koperasi dalam Meningkatkan Kesejahteraan Anggota’, dengan pembicara Dra. Sri Untari Bisowarno, MAP dari Koperasi Karyawan Setia Budi Wanita Malang.
Koperasi saat ini telah mengalami perkembangan yang cukup pesat, koperasi pada masa lalu hanya dimanfaatkan untuk kegiatan peminjaman, tetapi saat ini peran koperasi merupakan sebagai salah satu motor penggerak perekonomian kerakyatan.
Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Kota Surabaya, Hadi Mulyono menuturkan bahwa kondisi dan potensi koperasi di Surabaya berdasarkan data Diskop dan UMKM Surabaya per Desember 2010, jumlah koperasi di Surabaya sebanyak 1.428 koperasi, dimana mampu menyerap tenaga kerja sebanyak 3.710 orang dengan total anggota mencapai 242.823 orang.
Koperasi merupakan gerakan ekonomi kerakyatan yang berazaskan kekeluargaan sehingga diharapkan akan mampu mengurangi kemiskinan dan pengangguran melalui kegiatan-kegiatan koperasi.
Dalam kesempatan tersebut juga disampaikan bahwa salah satu upaya Pemkot Surabaya untuk memperkokoh eksistensi koperasi adalah dengan melakukan beberapa kegiatan pemberdayaan koperasi diantaranya sosialisasi perkoperasian, fasilitas pendirian koperasi, pendidikan dan pelatihan koperasi, fasilitas promosi produk unggulan, fasilitas temu usaha serta pembinaan dan pendampingan koperasi.
Dengan berbagai program tersebut terbukti beberapa waktu lalu Surabaya mendapat predikat sebagai kota penggerak koperasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar