Sabtu, 17 Maret 2012

aspek hukum dalam ekonomi_2EB20_K4

www.gunadarma.ac.id
DEVI MELATI
21210878
2EB20


Penaikan harga BBM pengaruhi anggaran pilkada


CILACAP: Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Cilacap memperkirakan penaikan harga bahan bakar minyak pada April 2012 bakal memengaruhi anggaran pemilihan kepala daerah setempat.
“Kami mungkin akan menghitung ulang anggaran pelaksanaan Pilkada Cilacap yang akan digelar pada 9 September 2012,”
 kata Ketua KPU Kabupaten Cilacap Warsid di Cilacap, hari ini.
Menurut dia, alokasi anggaran yang diperkirakan paling terkena dampak kenaikan harga BBM yakni biaya perjalanan anggota panitia pemungutan suara (PPS), panitia pemilihan kecamatan (PPS), maupun distribusi logistik. Ia mengatakan, kenaikan harga BBM diperkirakan akan memengaruhi biaya pencetakan surat suara, undangan, dan Dengan demikian, kata dia, tidak menutup kemungkinan KPU akan melakukan efisiensi sehingga alokasi anggaran yang telah formulir lainnya.diterima dapat mencukupi kebutuhan sesuai perencanaan. “Kita lihat saja nanti setelah adanya pengumuman kenaikan harga BBM. Semoga kenaikannya tidak terlalu tinggi,” katanya.Disinggung mengenai agenda yang dilaksanakan KPU dalam waktu dekat, dia mengatakan, pihaknya segera menggelar rapat koordinasi dengan sejumlah instansi untuk membahas masalah pencalonan termasuk persiapan pemutakhiran data pemilih “Selain itu, dengan alokasi anggaran yang telah diterima, kami akan segera melakukan sosialisasi pelaksanaan Pilkada Cilacap kepada masyarakat. Kami juga telah mengikuti Bimbingan Teknis-13 Maret,” katanya.

Pelaksanaan Pilkada yang diselenggarakan di Jakarta selama dua hari, 12.KPU Cilacap pada 31 Januari 2012 menerima hibah daerah dari Pemerintah Kabupaten Cilacap sebesar Rp24.162.034.000 untuk mendukung persiapan Pikada Cilacap 9 September 2012. Dana tersebut untuk mendukung kegiatan KPU sebesar Rp23 miliar lebih dan Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) sebesar Rp812.749.000. Kendati demikian, KPU Cilacap baru menerima dana hibah sebesar Rp16 miliar lebih untuk pilkada putaran pertama, sedangkan sisanya akan diberikan jika pilkada berlangsung dua putaran. Dana hibah untuk Panwaslu diserahkan seluruhnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar