Selasa, 04 Januari 2011

perdagangan internasional


Perdagangan internasional antara Indonesia dengan Australia

Perdagangan internasional ialah perdagangan barang maupun jasa yang di lakukan oleh dua negara ataupun lebih. Akan tetapi banyak orang yang beranggapan bahwa perdagangan internasional itu identik dengan kerja sama ekonomi internasional/hubungan ekonomi internasional, hal seperti itu jelas tidak benar, karena pengertian kerja sama ekonomi internasional itu lebih luas di bandingkan dengan perdagangan internasional itu sendiri.

Kerjasama ekonomi internasional itu terdiri dari:
1.Perdagangan internasional(ekspor/impor)
2.Pertukaran sarana/faktor-faktor produksi seperti mesin-mesin,peralatan,teknologi,dan modal
3.Hubungan utang-piutang
4.Prasarana produksi,dan hubungan utang-piutang yang dilakukan oleh penduduk suatu negara dengan penduduk dari negara lain.

Kerja sama ekonomi internasional itu sendiri memiliki tujuan yaitu untuk membebaskan bangsa-bangsa dari kemiskinan,untuk membebaskan bangsa-bangsa dari keterbelakangan ekonomi,untuk memajukan perdagangan ekonomi regional maupun multiteral selain itu kerja sama ekonomi internasional juga untuk memajukan pembangunan negara-negara yang sedang berkembang. Contohnya dapat kita lihat seperti negara indonesia yang menganut sistem ekonomi yang terbuka,yang artinya bahwa indonesia bebas melakukan hubungan/kerja sama ekonomi dengan negara-negara manapun.contohnya seperti dengan negara australia,singapur,dan malaysia.
Contoh dari perdagangan internasional dapat kita lihat dari negara indonesia dengan negara australia, indonesia mengekspor beras ke australia dan sebaliknya australia mengekspor benang wol ke indonesia.

Dengan adanya perdagangan internasional atau hubungan kerja sama ekonomi internasional dapat menimbulkan persaudaraan antara dua negara tersebut. Akan tetapi apabila kerja sama itu tidak berjalan dengan lancar maka akan menyebabkan konflik antar negara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar