Kamis, 06 Januari 2011

ETIKA DALAM BISNIS INTERNASIONAL

Etika bisnis adalah pemikiran tentang moralitas dalam ekonomi dan bisnis. Moralitas berarti aspek baik maupun buruk, terpuji maupun tercela, dan karenanya dipebolehkan atautidak dari perilaku manusia itu sendiri. Moralitas selalu berkaitan dengan apa yang dilakukan, dan kegiatan ekonomis merupakan suatu bidang prilaku manusia yang penting. Tetapi untuk zaman sekarang ini etika bisnis tidak di perhatikan.
Sejak dulu bisnis merupakan sarana penting untuk mendekatkan negara-negara dan bahkan kebudayaan-kebudayaan yang berlainan. Sedangkan dalam pandangan sejarah ,perdagangan merupakan faktor penting dalam pergaulan antar bangsa-bangsa. Internasionalisasi bisnis yang yang semakin mencolok sekarang ini menampilkan aspek etis. Tidak diherankan jika terutama tahun-tahun ini diperhatikan khusus kepada aspek-aspek etis dalam bisnis internasional.
Norma-norma yang umum pada taraf internasional sebagai berikut yang pertama bahwa dalam bisnis internasional kita harus menyesuaikan diri begitu saja dengan norma-norma etis yang berlaku di negara lain di mana kita menjalani bisnis tersebut, dan yang kedua yaitu kita harus berpegang pada norma-norma etis yang berlaku di negara sendiri dan negara lain yang memiliki norma yang berbeda.
Jadi tujuan dari penulisan ini adalah menanamkan atau meningkatkan kesadaran akan adanya dimensi etis dalam bisnis, memperkenalkan argumentasi moral,khususnya dibidang ekonomi dan bisnis,serta membantu pembisnis atau calon pembisnis dalam menyusun argumentasi moral yang tepat, dan yang terakhir yaitu membantu pembisnis dan calon pembisnis untuk menentukan sikap moral yang tepat di dalam profesinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar