Senin, 24 Desember 2012

KARAKTERISTIK KEWIRAUSAHAWAN

Pengertian Wirausaha 

     Menurut Para Ahli - Kata  wirausaha  atau  “pengusaha”  diambil  dari  bahasa  Perancis “entrepreneur”  yang  pada  mulanya  berarti  pemimpin  musik  atau pertunjukan (Jhingan, 1999:  425).  Dalam  ekonomi,  seorang  pengusaha  berarti  orang  yang memiliki kemampuan untuk mendapatkan peluang  secara berhasil. Pengusaha bisa jadi seorang yang berpendidikan tinggi, terlatih dan terampil atau mungkin seorang buta  huruf  yang memiliki  keahlian  yang  tinggi  di  antara  orang-orang  yang  tidak demikian.
     Menurut George  Gilder  dalam    The  Spirit  of  Enterprise,  mengatakan  “  Para wirausahawan  adalah para  inovator  yang  membangkitkan permintaan.”  Mereka adalah pembuat  pasar, pencipta  modal, pengembang  peluang  dan penghasilan tehnologi  baru.   Istilah kewirausahaan banyak dijumpai  dalam  uraian  yang merupakan kata  dasar  wirausaha  yang  berarti  segala  sesuatu  yang  berhubungan dengan kata wirausaha.

     Seorang wirausaha adalah seseorang yang memiliki visi bisnis atau harapan  dan  mengubahnya  menjadi  realita  bisnis.  Wirausaha adalah  seorang  pembuat keputusan  yang membantu  terbentuknya  sistem  ekonomi  perusahaan  yang  bebas. Sebagian besar  pendorong  perubahan  inovasi, dan kemajuan di  perekonomian, sehingga  wiarausaha adalah orang-orang  yang  memiliki  kemampuan untuk mengambil resiko dan mempercepat pertumbuha ekonomi.

Dalam mengelola usaha, wirausaha dituntut mengelola semua aspek kegiatan meliputi 6 M, yaitu :
1. Man (SDM)                   : pengalaman, tidak birokrasi, mandiri, dinamis,
                                            ulet, cepat  tanggap dan fleksibel.
2. Money (Dana)                : sumber dana yang mencukupi.
3. Materials (Bahan)           : bahan yang dibutuhkan untuk proses produksi.
4. Machine ( Mesin0           : Pelaratan/mesin yang memadai.
5. Methods (Cara Kerja)    : cara kerja yang tepat dan efektif.
6. Markets (Pasar)             : menciptakan pasar bagi barang hasil produksi.

Karakteristik wirausaha adalah sifat dasar yang melekat pada diri seorang wirausaha. dan berikut adalah Karakteristik Wirausahawan yang Andal :
1. Punya rasa percaya diri dan kemandirian yang tinggi.2. Mencintai kegiatan usahanya dan perusahaannya secara lugas dan tangguh.3. Mau dan mampu mencari dan menangkap peluang.4. Mau dan mampu bekerja keras dan menekuni bidang usahanya tanpa kenal menyerah.5. Mau dan mampu berkomunikasi baik dengan pihak internal maupun eksternal6. Mau dan mampu bernegosiasi dengan win-win solution.7. Menghadapi hidup dan menangani usaha dengan terencana, jujur, hemat, dan disiplin.8. Mau dan mampu meningkatkan kapasitas diri sendiri dan kapasitas perusahaan dengan mengelola dan memotivasi orang lain (leadership/managerialship).9. Mau dan mampu melakukan perluasan dan pengembangan usaha dgn resiko yang moderat.10. Berusaha mengenal dan mengendalikan lingkungan serta menggalang kemitraan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar