Sabtu, 27 Oktober 2012

MANFAAT ASURANSI BAGI MASYARAKAT DAN PEMBANGUNAN


          Asuransi yang diselenggarakan oleh pemerintah itu antara lain Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang; Asuransi abri; asuransi sosial; tenaga kerja; pemeliharaan kesehatan bagi pegawai negeri, penerima pensiun dan anggota keluarganya yang lebih dikenal dengan sebutan Askes; asuransi soaial pegawai negeri sipil dll.
Manfaat asuransi bagi masyarakat dan pembangunan sebagai berikut :
  1.  Asuransi dapat memberikan rasa terjamin atau rasa aman dalam menjalankan usaha. Hal ini karena seseorang akan terlepas dari kekhawatiran akan tertimpa kerugian akibat suatu peristiwa yang tidak diharapkan, sebab walaupun tertimpa kerugian akan mendapatnganti rugi dari perusahaan asuransi.
  2. Asuransi dapat menaikkan efisiensi dan kegiatan perusahaan, sebab dengan memperalihkan resiko yang lebih beasr kepada perusahaan asuransi, perusahaan itu akan mencurahkan perhatian dan pikirannya pada peningkatan usahanya.
  3. Asuransi cenderung ke arah pemikiran penilaian biaya yang layak. Dengan adanya pemikiran akan suatu resiko yang jumlahnya dapat dikira-kira sebelumnya maka suatu perusahaan akan memperhitungkan adanya ganti rugi dari asuransi di dalam menilaian biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan.
  4. Asuransi merupakan dasar pertimbangan dari pemberian suatu kredit. Apabila seseorang meminjam kredit bank, maka bank biasanya meminta kepada debitur untuk menutup asuransi benda jaminan.
  5.  Asuransi dapat mengurangi timbulnya kerugian-kerugian. Dengan ditutupnya perjanjian asuransi, maka risiko yang mungkin dialami seseorang dapat ditutup oleh perusahaan asuransi.
  6. Asuransi merupakan alat untuk membentuk modal pendapatan atau untuk harapan masa depan. Dalam hal ini fungsi menabung dari asuransi terutama dalam asuransi jiwa.
  7. Asuransi merupakan alat pembangunan. Dalam hal ini premi yang terkumpul oleh perusahaan asuransi dapat dipakai sebagai dana investasi dalam pembangunan, bantuan kredit jangka pendek,menengah maupun jangka panjang,bagi usaha-usaha pembangunan. Pda akhirnya dapat memperluas kesempatan dan lapangan pekerjaan bagi masyarakat banyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar